artikel

5 Kutipan Menarik Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer

bumi-manusia

www.audiobuku.comBumi Manusia merupakan novel yang dirilis pada tahun 1980 karya Pramoedya Ananta Toer. Barulah pada tahun 2019 novel ini diangkat ke layar lebar yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Meskipun kebanyakan generasi saat ini belum mengetahui tentang novelnya, namun ketika di realise Film ” Bumi Manusia ” ternyata antusias masyarakat Indonesia sangat tinggi.

Sejarah Novel Bumi Manusia

Sejarah mencatat, pembuatan novel Bumi Manusia ini tidak lah mudah. Pramoedya sendiri atau yang akrab dipanggil Pram, pada sekitar tahun 1960an itu dipenjara tanpa pernah diadili kemudian dia diasingkan ke pulau Buru, Maluku selama 10 tahun dari tahun 1969 – 1979. Pada kala itulah Pram menyusun sebuah buku dan setelah semuanya terkumpul, pada tahun 1980 hasil dari tulisan tersebut diam diam diselundupkan dan kemudian terbitlah novel ” Bumi Manusia “.

Pada saat itu selang 6 bulan beredar, novel ini menjadi bacaan yang dilarang oleh pemerintahan Orde Baru karena pada novel tersebut mengandung ajaran Leninisme dan Marxisme. Dikutip dari wikipedia.com Leninisme merupakan bagian dari teori politik organisasi demokratis suatu partai politik revolusioner dan pencapaian demokrasi langsung kediktatoran proletariat sebagai awal dari sosialisme. Sedangkan Marxisme merupakan dasar dari teori komunisme modern.

Tanggapan Musisi Iwan Fals Tentang Novel Bumi Manusia

Dilansir dari Kompas.com – Musisi senior Iwan Fals ikut menceritakan kisahnya pada saat membaca novel Bumi Manusia pada tahun 80an.

” Saya baca Tetralogi Buru semuanya, waktu itu bacanya masih sembunyi sembunyi ”

” Karena masih dilarang. Hanya karena baca bukunya pak Pram saja, ketahuan, kita bisa di penjara waktu itu “, ujar iwan Fals.

5 Kutipan Menarik Novel Bumi Manusia

Ada beberapa kutipan menarik dari novel Bumi Manusia. Berikut 5 Kutipan Menarik dari Novel Bumi Manusia

1. Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri, bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri.

2. Kalau orang tak tahu batas, Tuhan akan memaksanya tahu dengan cara Nya sendiri

3. kau akan berhasil dalam pelajaran, dan kau harus percaya akan berhasil. Semua akan menjadi mudah, jangan tahuk pada pelajaran apapun karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua.

4. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

5. Berterimakasihlah pada segala yang memberi kehidupan

Read More